Logo Trideko Interior IND
kaca tempered

7 Kaca Inovatif yang Mengubah Dunia Arsitektur dan Desain Interior

7 Kaca Inovatif yang Mengubah Dunia Arsitektur dan Desain Interior

  1. Asal Usul Kaca: Sejarah dan Proses Pembuatan Kaca

a. Sejarah kaca: Dari Mesir Kuno hingga era modern

Kaca pertama kali ditemukan pada sekitar 3500 SM di Mesir Kuno dan Mesopotamia. Pada awalnya, kaca digunakan untuk membuat perhiasan dan objek dekoratif. Seiring berjalannya waktu, teknik pembuatan kaca semakin berkembang, dan kaca mulai digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk di bidang arsitektur.

Pada abad ke-1 Masehi, teknik pembuatan kaca ditiup ditemukan di wilayah Romawi. Proses ini memungkinkan kaca dibentuk dengan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga penggunaan kaca semakin meluas. Sepanjang sejarah, berbagai teknik dan metode pembuatan kaca terus dikembangkan, termasuk teknik pembuatan kaca datar dan kaca diperkuat.

b. Proses pembuatan kaca: Dari teknik kuno hingga teknologi modern

Proses pembuatan kaca melibatkan peleburan bahan-bahan seperti pasir silika, soda, dan kapur. Bahan-bahan ini dilebur pada suhu yang sangat tinggi, sekitar 1700 hingga 2000 derajat Celsius. Setelah melewati tahap peleburan, kaca kemudian didinginkan dan dibentuk sesuai kebutuhan.

  1. Tips Memilih Kaca untuk Interior Rumah

a. Faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih kaca

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih kaca untuk interior rumah, antara lain:

  • Tujuan penggunaan: Tentukan kebutuhan Anda, apakah kaca akan digunakan sebagai pembatas ruangan, jendela, pintu, kanopi kaca
  • Ketebalan kaca: Sesuaikan ketebalan kaca dengan kebutuhan dan keamanan yang diinginkan.
  • Warna dan tekstur: Pertimbangkan warna dan tekstur kaca yang sesuai dengan konsep interior rumah Anda.

b. Menyesuaikan kaca dengan kebutuhan dan anggaran

Setiap jenis kaca memiliki keunggulan dan harga yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan pilihan kaca dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  1. 9 Jenis Kaca dan Fungsinya yang Paling Umum Digunakan

  • a. Kaca Polos: Jenis kaca yang paling umum digunakan dalam konstruksi bangunan, seperti jendela dan pintu. Kaca polos memiliki permukaan yang halus dan transparan.

kaca polos 

kaca polos
  • b. Kaca Anti Pecah: Kaca yang dilapisi dengan lapisan plastik atau resin untuk mencegah pecahan kaca yang tajam saat kaca pecah. Cocok untuk penggunaan di daerah rawan kecelakaan atau vandalisme.
kaca anti pecah
kaca anti pecah
  • c. Kaca Laminasi: Terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca yang disatukan dengan lapisan plastik di antaranya. Kaca laminasi tahan terhadap benturan dan suara, serta mampu memblokir sinar ultraviolet.
kaca laminted tempered
kaca laminted tempered
  • d. Kaca Ekstra Jernih: Kaca dengan kandungan besi yang rendah sehingga memiliki tingkat transparansi yang lebih tinggi dibandingkan kaca biasa. Kaca ini sering digunakan untuk pameran, etalase, dan aquarium.
kaca extra jernih
kaca extra jernih
  • e. Kaca Photochromatic: Kaca yang dapat mengubah tingkat transparansi atau warna ketika terkena sinar matahari. Kaca ini cocok untuk kacamata, jendela, dan fasad bangunan.
Kaca Photochromatic
Kaca Photochromatic
  • f. Kaca Berwarna: Kaca yang diberi pigmen atau lapisan warna untuk tujuan estetika atau untuk mengontrol transmisi cahaya dan panas. Kaca berwarna sering digunakan untuk jendela, pintu, dan dinding kaca.
baca juga  Kaca Spider
kaca berwarna
kaca berwarna
  • g. Kaca Tempered: Kaca yang dipanaskan hingga suhu tinggi kemudian didinginkan dengan cepat untuk meningkatkan kekuatannya. Kaca ini lebih tahan terhadap benturan dan perubahan suhu, serta pecah menjadi potongan kecil yang lebih aman saat rusak.
kaca tempered
kaca tempered
  • h. Kaca Balok: Kaca yang dibentuk menjadi balok padat dan digunakan sebagai bahan bangunan atau elemen dekoratif. Kaca balok sering digunakan untuk partisi, dinding, dan lantai.
kaca balok
kaca balok
  • i. Kaca Insulasi: Terdiri dari dua atau lebih lapisan kaca yang dipisahkan oleh ruang udara atau gas untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi transmisi suara. Kaca insulasi umumnya digunakan untuk jendela dan fasad bangunan.
kaca insulasi
kaca insulasi
  1. Kelebihan dan Kekurangan Material Kaca

  • a. Kelebihan Material Kaca

i. Estetika dan penampilan: Kaca memiliki penampilan yang elegan dan modern, serta mampu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

ii. Transparansi dan pencahayaan alami: Kaca memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan, sehingga dapat mengurangi konsumsi energi untuk penerangan.

iii. Ketahanan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban: Kaca tahan terhadap perubahan cuaca, seperti panas, dingin, dan kelembaban, sehingga sangat cocok untuk digunakan di berbagai iklim.

iv. Mudah dibersihkan dan dirawat: Kaca mudah dibersihkan dengan air dan sabun, serta tidak memerlukan perawatan khusus.

  • b. Kekurangan Material Kaca

i. Rentan terhadap pecah dan retak: Kaca rentan terhadap pecah dan retak akibat benturan atau perubahan suhu yang ekstrem. Namun, beberapa jenis kaca, seperti kaca tempered dan laminasi, lebih tahan terhadap benturan.

ii. Pengamanan dan privasi: Kaca transparan dapat mengurangi privasi dan keamanan suatu ruangan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan kaca berwarna, kaca buram, atau kaca dengan pola tertentu.

iii. Efisiensi energi: Kaca dapat menghantarkan panas, sehingga ruangan dengan banyak kaca mungkin memerlukan lebih banyak energi untuk pendinginan atau pemanasan. Kaca insulasi dapat membantu mengurangi masalah ini dengan meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi transmisi suara.

iv. Biaya dan pemasangan: Kaca bisa menjadi bahan yang mahal tergantung pada jenis dan ketebalannya. Selain itu, pemasangan kaca memerlukan keahlian khusus dan peralatan yang tepat untuk menghindari kerusakan atau kecelakaan.

  1. Kesimpulan

Kaca merupakan material yang sangat fleksibel dan memiliki banyak kegunaan dalam arsitektur dan desain interior. Dengan memahami asal usul kaca, jenis-jenis kaca yang tersedia, serta kelebihan dan kekurangan material kaca, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang kaca yang paling sesuai untuk proyek Anda.

Untuk memilih kaca yang tepat, pertimbangkan faktor seperti tujuan penggunaan, ketebalan kaca, warna, dan tekstur, serta anggaran Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kaca atau arsitek untuk mendapatkan rekomendasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan pemilihan kaca yang tepat, Anda tidak hanya akan meningkatkan estetika dan penampilan rumah, tetapi juga dapat menghemat energi, meningkatkan keamanan, dan menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan.

  1. Referensi

  • Alastair, P. (2016). A Brief History of Glass. HistoryExtra. Retrieved from https://www.historyextra.com/period/ancient-egypt/a-brief-history-of-glass/
  • Corning Museum of Glass. (n.d.). How is Glass Made? Retrieved from https://www.cmog.org/article/how-glass-made
  • Pilkington. (n.d.). Types of Glass. Retrieved from https://www.pilkington.com/en/global/products/product-categories/types-of-glass
  • Saint-Gobain Glass. (n.d.). Types of Glass. Retrieved from https://www.saint-gobain-building-glass.com/en-gb/glass-applications/types-glass

Dengan informasi ini, Anda sekarang dapat lebih memahami sejarah dan asal usul kaca, serta mempertimbangkan berbagai jenis kaca dan fungsinya untuk digunakan dalam proyek Anda. Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan material kaca saat menentukan pilihan yang tepat, agar Anda dapat memaksimalkan manfaat dan mengurangi potensi risiko yang mungkin timbul dari penggunaan kaca. Selamat memilih kaca yang tepat untuk proyek Anda, dan semoga informasi ini bermanfaat!

baca juga  Harga Partisi Kaca Frameless kaca tempered 12 mm

Kami berikan free survei & konsultasi untuk sekedar tanya-tanya

Spesialis Atap Kanopi Kaca | Sunlouvre atap buka tutup | partisi kaca | curtain wall | pasang acp | spider fitting

Marketing  1  ( Jabodetabek ) 

Marketing  2  (Luar  Jabodetabek ) 

Baca Produk kami lainnya

Spider Fitting Kaca

Spider Fitting kaca: Solusi Estetika dan Keamanan pada Bangunan dengan Kaca Besar Pengertian apa itu

Railing Kaca Tangga

Railing Kaca tangga Model terbaru 2023 Railing Kaca Tangga Model Terbaru Railing kaca tangga adalah

Railing balkon kaca

3 Bahan Terbaik untuk Railing Balkon Kaca yang Berkualitas Tinggi Pilihan Terbaik untuk Railing Balkon

Layanan seluruh wilayah indonesia

MELAYANI SELURUH NEGERIAceh(Banda Aceh,Aceh Selatan,Aceh Tengah,Aceh Barat),Sumatera Utara(Medan,Deli Serdang,Langkat,Simalungun),Sumatera Barat(Padang,Agam,Pesisir Selatan,Solok),Riau(Pekanbaru,Kampar,Siak,Pelalawan),Kepulauan Riau(Tanjung Pinang,Batam,Bintan,Karimun),Jambi(Jambi,Batanghari,Tanjung Jabung Barat,Muaro Jambi),Sumatera Selatan(Palembang,Ogan Ilir,Ogan Komering Ilir,Musi Banyuasin),Bengkulu(Bengkulu,Kaur,Seluma,Rejang Lebong),Lampung(Bandar Lampung,Lampung Selatan,Lampung Tengah,Lampung Timur),Bangka Belitung(Pangkal Pinang,Bangka,Belitung,Bangka Tengah),Jakarta(Jakarta Utara,Jakarta Selatan,Jakarta Barat,Jakarta Timur),Jawa Barat(Bandung,Bekasi,Bogor,Cirebon),Banten(Tangerang,Serang,Lebak,Pandeglang),Jawa Tengah(Semarang,Solo,Yogyakarta,Magelang),DI Yogyakarta(Yogyakarta,Sleman,Bantul,Kulon Progo),Jawa Timur(Surabaya,Malang,Sidoarjo,Jember),Bali(Denpasar,Badung,Gianyar,Klungkung),Nusa Tenggara Barat(Mataram,Lombok Tengah,Bima,Sumbawa),Nusa Tenggara Timur(Kupang,Rote Ndao,Ende,Sikka),Kalimantan Barat(Pontianak,Kubu Raya,Singkawang,Sambas),Kalimantan Tengah(Palangkaraya,Barito Timur,Sukamara,Kapuas),Kalimantan Selatan(Banjarmasin,Banjarbaru,Hulu Sungai Selatan,Tabalong),Kalimantan Timur(Balikpapan,Samarinda,Bontang,Kutai Kartanegara),Sulawesi Utara(Manado,Minahasa,Bitung,Tomohon),Gorontalo(Gorontalo,Boalemo,Pohuwato,Gorontalo Utara),Sulawesi Tengah(Palu,Poso,Morowali,Donggala),Sulawesi Selatan(Makassar,Gowa,Takalar,Maros),Sulawesi Barat(Mamuju,Majene,Polewali Mandar,Mamasa),Maluku(Ambon,Maluku Tengah,Seram Bagian Barat,Maluku Tenggara Barat),Maluku Utara(Ternate,Halmahera Barat,Halmahera Timur,Morotai),Papua Barat(Manokwari,Raja Ampat,Sorong Selatan,Maybrat),Papua(Jayapura,Merauke,Jayawijaya,Mimika),Sulawesi Tenggara(Kendari,Kolaka,Konawe,Bombana),Kepulauan Bangka Belitung(Belitung Timur,Bangka Tengah,Bangka Selatan,Bangka Barat). – TIMOR LESTE ,Jakarta Meliputi :Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara.Jawa Barat Meliputi :Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cibinong, Cikarang, Cimahi, Cirebon, Depok, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Ngamprah / Cimareme, Purkawarka, Pelabuhan Ratu, Singaparna, Soreang, Subang, Sukabumi, Sumber, Sumedang, Tasikmalaya, Majalaya, Jatilangor, Lembang, Rancaekek, Jatibarang, Kadipaten, Losari, Palimanan, Jatiwangi. Kabupaten Ciamis, Cianjur, Bogor, Bekasi, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Bandung Barat, Purwakarta, Sukabumi, Tasikmalaya, Bandung, Subang, Cirebon, Sumedang.Jawa Tengah Meliputi :Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Mungkid, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto / Banyumas, Purwodadi, Purworejo, Rembang, Salatiga, Semarang, Slawi, Sragen, Sukoharjo, Surakarta / Solo, Tegal, Temanggung, Ungaran, Wonogiri, Wonosobo, Ambarawa, Cepu, Bojonegoro, Majenang, Ajibarang, Kartosuro, Bumi Ayu. Kabupaten Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Magelang, Kudus, Pati, Pemalang, Purbalingga, Banyumas, Grobogan, Purworejo, Rembang, Tegal, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Semarang, Wonogiri, Wonosobo.D.I Yogyakarta Meliputi :Bantul, Sleman, Wates / Kulon Progo, Wonosari, Yogyakarta, Prambanan. Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul.Kalimatan Barat Meliputi :Bengkayang, Ketapang, Mempawah, Nanga Pinoh / Melawi, Ngabang, Pontianak, Putussibau, Sambas, Sanggau, Sekadau Hilir, Singkawang, Sintang, Sungai Raya / Kubu Raya, Teluk Melano, Wajok. Kabupaten Bengkayang, Ketapang, Pontianak, Melawi, Landak, Kapuas Hulu, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Kubu Raya, Kayong Utara.Kalimantan Selatan Meliputi :Amuntai, Banjarbaru, Banjarmasin, Barabai, Batu Licin, Kandangan, Kotabaru, Marabahan, Martapura / Banjar, Paringin / Balangan, Pelaihari, Rantau, Tanjung, Sungai Danau. Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bambu, Hulu Sungai Selatan, Kota Baru, Barito Kuala, Banjar, Balangan, Tanah Laut, Tampir, Tabalong.Kalimantan Tengah Meliputi :Buntuk, Tamiang Layang, Parukcahu, Muara Teweh, Kasongan, Kuala Kapuas, Kuala Pembuang, Palangkaraya, Pangkalan Bun, PUlang Pisau, Sampit, Sukamara, Lamandau / Nangebulik. Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Murung Raya, Barito Utara, Katingan, Kapuas, Gunung Mas, Seruyan, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Timur.Kalimantan Timur Meliputi :Balikpapan, Bontang, Malinau, Nunukan, Penajam, Samarinda, Sanggata, Sendawar, Tanah Grogot, Tanjung Redep / Berau, Tanjung Selor, Tarakan, Tenggarong, Teluk Pandan, Sebatik, Palaran, Sanga Sanga, Muara Badak, Loa Kulu. Kabupaten Malinau, Nunukan, Penajam Paser Utara, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Berau, Bulungan, Kutai Kartanegara.Sulawesi Tengah Meliputi :Ampana / Tojo Una Una, Banawa / Donggala, Banggai, Bungku / Kolonedale, Buol, Tolitoli, Luwuk, Palu, Parigi, Poso. Kabupaten Tojo Una-Una, Donggala, Banggai Kepulauan, Morowali, Buol, Toli-Toli, Banggai, Parigi Moutong, Poso.Sulawesi Selatan Meliputi :Banteang, Barru, Belopa, Benteng, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Makale, Makassar, Malili, Maros, Masamba, Palopo, Pangkajene, Sidenreng, Pare-Pare, Pinrang, Sengkang, Sinjai, Sungguminasa, Watampone, Watansoppeng, Soroako. Kabupaten Banteang, Bamu, Luwu Utara, Selayar, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Takalar, Tana Toraja, Luwu Timur, Maros, Luwu Utara, Pangkajene, Sidenreng Rappang, Pinrang, Wajo, Sinjai, Goa, Bone, Soppeng.Sulawesi Tenggara Meliputi :Bau-Bau, Kendari, Kolaka, Lasusua, Pasar Wajo, Raha, Rumbia, Unaaha, Wanggodo / Andolo, Wangi-Wangi / Wakatobi. Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Buton Dan Buton Utara, Muna, Bombana, Konawe, Konewe Utara / Selatan, Wakatobi.Sulawesi Utara Meliputi :Airmadidi, Amurang, Bitung, Boroko, Kotamobagu, Manado, Ratahan, Tauna, Tomohon, Tondano. Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bitung, Bolaaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow, Minahasa Tenggara, Kepulauan Sangihe, Minahasa.Sulawesi Barat Meliputi :Majene, Mamasa, Mamuju, Pasangkayu, Polewali. Kabupaten Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar.Gorontalo Meliputi :Gorontalo, Kwandang, Limboto, Marisa, Suwawa, Tilamuta. Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Pahuwato, Bone Bolango, Boalemo.Maluku Meliputi :Ambon, Dataran Hunimoa, Dobo, Masohi, Namlea, Piru, Saumlaki, Tual. Kabupatan Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Tengah, Buru, Seram Bagian Barat, Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara.Maluku Utara Meliputi :Jailolo, Labuha, Maba, Sanana, Ternate, Tidore, Tobelo, Weda / Soasiu. Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kepulauan SUla, Halmahera Utara, Halmahera Tengah.Nusa Tenggara Barat Meliputi :Bima, Dompu, Gerung, Mataram, Praya, Selong, Sumbawa Besar, Taliwang, Woha / Ramba, Batu Hijau. Kabupaten Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima.Nusa Tenggara Timur Meliputi :Atambua, Baa, Bajawa, Borong, Ende, Kafamenanu, Kalabahi, Kupang, Labuan Bajo, Larantuka, Lewoleba, Maumere, Mbay, Oelamasi, Ruteng, Soe, Tambolaka, Waibakul, Waikabubak, Waingapu. Kabupaten Belu, Rote Ndao, Ngada, Manggarai Timur, Ende, Timur Tengah Utara, Alor, Manggarai Barat, Flores Timur, Lembata, Sikka, Nagekoe, Kupang, Manggarai, Timur Tengah Selatan, Sumba Barat Daya,Sumba Tengah, Sumbat Barat, Sumbat Timur.Papua Barat Meliputi :Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Monokwari, Rasei, Sorong, Waisai, Timika, Tembaga Pura, Teminabuan. Kabupaten Teluk Bintuni, Fak-Fak, Kaimana, Manokwari, Teluk Wondama, Sorong, Raja Ampat, Mimika, Sorong Selatan.Papua Meliputi :Agats, Biak, Botawa, Jayapura, Mulia, Merauke, Nabire, Oksibil, Sarmi, Sorendiweri, Sumohai, Timika, Wamena, Waris, Maapi, Paniai / Enarotari, Yapen Waropen / Serui, Sentani, Mamberamo / Bursemo, Boven Digul / Tanah Merah. Kabupaten Asmat, Biak Numfor, Waropen, Puncak Jaya, Merauke, Nabire, Pegunungan Bintang, Sarmi, Supiori, Yahukimo, Mimika, Jayawijaya, Keerom, Maapi, Enarotari, Yapen Waropen, Jayapura, Mamberamo, Boven Digul.Sumatera Barat Meliputi :Arosuka, Batu Sangkar, Bukittinggi, Lubuk Basung, Lubuk Sikaping, Muara / Sijunjung, Padang, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Padang Pariaman, Payakumbuh, Dharmasraya, Sawahlunto, Solok, Tuapejat, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Kep Pagai, Lubuk Alung. Kabupaten Solok, Tanah Datar, Agam, Pasaman, Sijunjung, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota.Jambi Meliputi :Bangko, Jambi, Kuala Tungkal, Muara Bulian, Muara Bungo, Buara Tebo, Muara Sabak, Sarolangun, Sengeti, Sungai Penuh, Ramba. Kabupaten Merangin, Tanjung Jabung Barat, Batang Hari, Bungo, Tebo, Tanjung Jabung Timur, Sarolangun, Muaro Jambi, Kerinci.Sumatera Selatan Meliputi :Baturaja, Indralaya, Kayu Agung, Lahat, Martapura, Muara Beliti Baru / Musi Rawas, Muara Enim / Tanjung Enim, Muaradua, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Palembang, Pangkalan Balai / Banyuasin, Prabumulih, Sekayu, Tebing Tinggi, Sungai Lilin, Sungai Gerong / Plaju. Kabupaten Ogan KOmering Ulu, Ogan Ilir, Ogan Kemering Ilir, Lahat, OKU Timur, Musi Rawas, Muara Enim, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, Empat Lawang.Bangka Belitung Meliputi :Koba, Manggar, Mentok, Pangkal Pinang, Sungailiat, Tanjung Pandan, Toboali, Belinyu, Jebus, Kelapa. Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, Bangka Barat, Bangka, Belitung, Bangka Selatan.Bengkulu Meliputi :Arga Makmur, Bengkulu, Curup, Kaur, Kepahiang, Lebong, Manna, Muko-Muko, Tais. Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Kepahiang, Lebong, Bengkulu Selatan, Muko-Muko, Seluma.Lampung Meliputi :Bandar Lampung, Blambangan Umpu, Gedong Tataan, Gunung Sugih, Kalianda, Kota Agung, Kotabumi, Liwa, Menggala, Metro, Sukadana, Bakauheuni, Krui / Pesisir Tengah, Sumber Jaya, Talang Padang, Pringsewu, Bukit Kemuning. Kabupaten Way Kanan, Pesawaran, Lampung

Layanan Kami Lainya

Ikuti kami

Kami berikan free survei & konsultasi untuk sekedar tanya-tanya

Marketing  1  ( Jabodetabek ) 

Marketing  2  (Luar  Jabodetabek ) 

Hubungi Tim Kami 0811-800-946 untuk bertanya..  
Ajukan Pertanyaan..
Chat Marketing
Halo admin trideko.com mau tanya untuk produk 7 Kaca Inovatif yang Mengubah Dunia Arsitektur dan Desain Interior https://www.trideko.com/kaca/
Call Now Button