loggo loggo loggo loggo loggo loggo loggo loggo loggo loggo

Atap Garasi 6 Model

Garasi membutuhkan perencanaan yang cermat dengan beberapa pertimbangan tertentu. Tujuannya tentu saja agar diperoleh garasi yang sesuai sehingga dapat mengakomodasi fungsi utamanya untuk melindungi kendaraan, mendapat bentuk yang tepat sesuai dengan yang diinginkan, serta menghasilkan tampilan yang indah untuk mendukung tampilan rumah. Berikut 6 bentuk garasi yang bisa kita aplikasikan didalam desain rumah kita.

GARASI 1 MOBIL (3x5m)
Jenis Garasi ini yang paling umum karena kebanyakan orang Indonesia masih rata-rata kepemilikan mobil adalah satu mobil. Jadi dengan garasi ukuran 3m x 5m, sudah bisa menampung atau menyimpan mobil 1 mobil ukuran standart.. Untuk mobil yang mempunyai panjang lebih dari standart sperti mobil double cabin, maka disarankan untuk membuat panjang garasi paling tidak 6 meter. Pada gambar diatas, terdapat carport, yang masih bisa digunakan untuk memarkir 1 mobil lagi diluar.

GARASI 2 MOBIL BERJAJAR (5x5m)
Jika mempunyai 2 mobil, sangat disarankan untuk mempunyai bentuk garasi seperti gambar diatas, karena posisi mobil berjajar memudahkan kita untuk memarkirnya tanpa harus memindahkan atau menggeser mobil lainnya. Selain itu, dengan model seperti ini kita mempunyai space 2 mobil lagi yang bisa disimpan di carport. Hanya saja, model ini membutuhkan lebar rumah yang agak lebih, karena menyita minimal 5 meter sendiri sedangkan panjangnya sama dengan garasi 1 mobil.


GARASI 2 MOBIL PARALEL (3x10m)
Menata mobil pada seperti model garasi diatas ini tidak terlalu disarankan. Garasi model seperti ini agak menyulitkan kita dalam hal keleluasaan memarkirnya. Bisa kita bayangkan, jika mobil belakang akan dikeluarkan, maka harus mengeluarkan mobil depan terlebih dahulu. Selain itu dibandingkan garasi yang ditata berjajar, garasi model ini hanya bisa menyimpan 1 tambahan mobil di carport. Tetapi apa daya, memang garasi model ini diperuntukan bagi hunian yang mempunyai lebar rumah relatif tidak lebar.

GARASI 1 MOBIL DI CARPORT (3x5m)
Model garasi seperti ini sangat cocok untuk rumah type kecil, atau bahkan type sangat kecil seperti rumah type 21 atau type 36, karena keterbatasan lahan hanya bisa menyimpan 1 mobil, itupun di carport. Ukuran lebar 3 m adalah cukup untuk garasi model ini, asalkan pintu pagar agak dilebihkan sedikit agar maneuver mobil jadi sempurna. Sedangkan dengan panjang 5 meter, relatif mampu menampung mobil penumpang jenis apa saja.

GARASI 2 MOBIL DI CARPORT (6x5m)
Tidak punya garasi, carport pun jadi. Jangan khawatir jika tidak punya lahan untuk garasi. Karena kita masih bisa meyimpan mobil kita dihalaman rumah atau biasa kita sebut carport. Untuk dua mobil usahakan lebarnya adalah 6 meter bukan 5 meter karena carport juga digunakan untuk bermanuver. Jika 5 meter terlalu riskan dan berpotensi akan “nyenggol” mobil sebelahnya .

GARASI 3 MOBIL
Garasi untuk 3 mobil tentunya untuk hunian dengan lahan yang tentunya luasannya diatas rata-rata. Usahakan merencanakan garasi untuk 3 mobil dengan memadukan model parkir berjajar dan parkir parallel, artinya satu garis berjajar , satu garis lagi parallel